Jangan Keliru! Inilah Tata Cara Membaca Expired Date yang Benar (2024)

JATIMTIMES - Saat membeli makanan kemasan, kamu pasti akan membaca informasi yang tertera pada kemasan. Selain membaca komposisinya, pasti kamu juga tak akan lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsa.

Namun, terlalu banyaknya singkatan dan angka yang tertera, seringkali membuat konsumen kebingungan. Agar tidak bingung, berikut cara membaca tanggal kedaluwarsa dan juga penjelasan mengenai beberapa tulisan yang ada pada kemasan yang telah dilansir dari berbagai sumber:

Pengertian Expired Date

Baca Juga :Rakor Tim ZI UIN Maliki Malang, Kabiro AUPK Sampaikan Arahan Strategis

Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) No. 31/2018 tentang Label Pangan Olahan, expired date atau keterangan kedaluwarsa adalah keterangan batas akhir suatu pangan dijamin mutunya. Olahan pangan memiliki masa simpan kurang lebih selama 3 bulan.

Pernahkah Anda melihat tulisan 'best before' dalam kemasan makanan? Mungkin banyak orang yang menyangka bahwa 'best before' sama saja dengan expired date, padahal keduanya berbeda.

'Best before' lebih menekankan pada kualitas makanan tersebut. Ketika makanan sudah melewati tanggal 'best before', akan terjadi penurunan kualitas baik dari segi warna, aroma, atau tekstur makanan.

Jenis-jenis Kode Expired Date

Expired date memiliki beberapa jenis kode yang sering membuat banyak orang kebingungan. Jenis-jenis expired date antara lain:

1. Sell-By Date (Tanggal Masuk Toko)

Produk pangan yang sering mencantumkan jenis kode ini adalah produk yang harus didinginkan. Sell-by date sangat berguna agar penjual mengetahui kapan harus mengeluarkan produk dari rak.

Namun, Anda masih bisa memakan produk yang lewat sell-by date. Contohnya, produk susu masih bisa dikonsumsi 1 minggu setelah sell-by date. Kemudian, telur masih aman dikonsumsi selama 3 hingga 5 minggu setelah sell-by date.

2. Use-By Date

Use-by date biasanya dicantumkan pada produk-produk yang mudah basi, seperti susu dan daging. Jenis kode ini lebih menjelaskan pada peningkatan mikrobiologi seperti bakteri dan jamur. Maka dari itu, makanan yang sudah melewati tanggal ini tidak bisa dikonsumsi karena dapat menyebabkan keracunan.

3. Quality Assurance Date (Tanggal Jaminan)

Biasanya, produk yang menggunakan jenis kode ini adalah produk dengan umur simpan yang lama. Setelah melewati tanggal ini, produk akan mengalami perubahan kualitas, seperti rasa dan tekstur. Produk pangan yang sering mencantumkan kode ini antara lain:

- Makaroni

- Keju kotak

- Sup kotak

- Roti

- Sereal

4. Expiration Date (Tanggal Kedaluwarsa)

Tidak semua produk makanan menggunakan jenis kode ini, biasanya perusahaan lebih suka menggunakan 'best before'. Produk pangan yang sering mencantumkan kode expired date antara lain:

- Produk susu

- Makanan bayi

- Daging

- Vitamin

- Obat-obatan

- Bahan campuran kue/selai

Jika produk-produk tersebut sudah kedaluwarsa, sangat tidak mungkin untuk bisa dikonsumsi. Daging dan produk susu sudah pasti basi, obat-obatan tidak akan bekerja dengan efektif, dan bahan campuran kue sudah berubah tekstur.

5. Best if Used by Date

Baca Juga :AHM Luncurkan All New Honda BeAT dengan Desain dan Fitur Keamanan Baru

Jenis kode ini merupakan yang paling mudah dimengerti oleh orang-orang. 'Best if used by date' atau 'best before' bukan berarti makanan tersebut basi. Hanya saja kualitasnya menurun dan sudah tidak sesegar saat pertama diedarkan. Namun, produk masih bisa dimakan, asalkan Anda juga memperhatikan kualitas kemasan produk.

6. Pack Date (Tanggal Pengemasan)

Pack date lebih banyak tercantum pada makanan kotak dan kaleng yang menjelaskan tanggal produk tersebut dikemas. Format tulisan pack date bermacam-macam, ada yang mudah dibaca karena menggunakan penanggalan biasa, seperti bulan (M), hari (D), dan tahun (Y), yang disusun menjadi YYMMDD atau MMDDYY. Namun ada juga yang menggunakan Julian Day Number (JDN), seperti 1 Januari ditulis 001, sem*ntara 31 Desember ditulis 365.

Tidak sampai situ saja, ada juga tanggal pengemasan yang memakai huruf sebagai kode untuk bulan. Jadi, huruf A-M (tanpa huruf I) diibaratkan bulan Januari-Desember. Contohnya, bulan Januari ditulis A, sem*ntara bulan Desember ditulis M.

Cara Membaca Expired Date

Bagi sebagian orang, membaca expired date bisa saja membingungkan. Berikut ini adalah cara membaca expired date untuk produk pangan.

1. Format Penulisan

Dalam produk pangan yang memiliki masa simpan lebih dari 3 bulan, keterangan penulisannya meliputi:

- Tanggal, bulan dan tahun, contohnya seperti 101122, atau 10112022

- Tahun, bulan dan tanggal, contohnya seperti 20221110

- Bulan dan tahun, contohnya seperti 112022

2. Letak Expired Date

Expired date dapat didahului oleh 'best before' atau 'baik digunakan sebelum'. Namun, expired date dapat diletakkan terpisah dengan 'best before' dan disertai dengan petunjuk tempat pencantumannya, contohnya seperti:

"Baik digunakan sebelum, lihat pada tutup botol"

"Baik digunakan sebelum, lihat pada bagian bawah kaleng"

3. Produk yang Tidak Memiliki Expired Date

Tidak semua produk makanan dan minuman dicantumkan tanggal kedaluwarsa. Produk yang dikecualikan antara lain:

- Minuman yang mengandung alkohol sebanyak 7% (tujuh persen).

- Produk roti dan kue dengan masa simpan kurang dari atau sama dengan 24 jam.

- Produk cuka, karena sifatnya asam dan bertahan sendiri tanpa didinginkan.

Jangan Keliru! Inilah Tata Cara Membaca Expired Date yang Benar (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Corie Satterfield

Last Updated:

Views: 6029

Rating: 4.1 / 5 (62 voted)

Reviews: 93% of readers found this page helpful

Author information

Name: Corie Satterfield

Birthday: 1992-08-19

Address: 850 Benjamin Bridge, Dickinsonchester, CO 68572-0542

Phone: +26813599986666

Job: Sales Manager

Hobby: Table tennis, Soapmaking, Flower arranging, amateur radio, Rock climbing, scrapbook, Horseback riding

Introduction: My name is Corie Satterfield, I am a fancy, perfect, spotless, quaint, fantastic, funny, lucky person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.